Mariska Nara

Experience and Daily Activity

Bahasa Mandarin…my fave language

Sejak kecil saya hobi banget nonton film – film silat Cina, mulai dari serial Yoko, Princess Cheong Ping, To Liong To dan masih banyak lagi, soalnya sudah lupa judulnya🙂 Dari situlah saya mulai menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan Cina, bahkan waktu SD kalo mo ke sekolah, saya biasanya minta ama mami supaya rambut saya diikat yang cantik kayak pemain silat cewek. Biasanya lagi saya melihat beberapa teman saya di sekolah membawa buku les bahasa Mandarin mereka, keliatannya kog hebat banget… sampai saya berpikir bahwa suatu waktu saya juga harus bisa dan ternyata saya bisa …🙂

Tahun 2001 yang lalu saya sudah mencapai Tembok Beijing meskipun hanya sekedar jalan – jalan ama orang tua dan setahun kemudian saya menetap di Beijing selama 1 tahun. Waktu pertama kali ke Cina, susah banget ngerti orang – orang Cina pada ngomong apa sih. . . sepanjang jalan hanya tulisan Cina, gak ada bahasa Inggrisnya. . . waktu mo belanja pun saya bawa buku nunjukin ke mereka beberapa huruf Cina, mereka pun gak ngerti. Bete deh…😦

Tapi saya pun tidak menduga bahwa tahun 2002, saya akan menetap di Beijing – Cina. Pengalaman luar biasa yang tidak akan saya lupakan . . . dan bahkan ketika teman – teman orang tua saya dari Jakarta datang, saya bisa menjadi tour guide mereka… mengajak mereka ke tempat – tempat belanja yang murah – murah abis😀

China… my dreams come true.

Praise God and thx Mami, Papi and my family for all support !

感谢天主,我父母 和 我家里人!

Bersama Papi & Mami di Beijing-Cina

 

 

 

 

December 11, 2007 - Posted by | bahasa Mandarin, Belajar Mandarin | , , ,

7 Comments »

  1. Seru banget, tur ke cina ama ortu,..🙂
    btw, fotonya kelihatan agak kurusan, dari yg sekarang.😀

    Comment by Ivan | January 11, 2008

  2. Apa ada tips supaya bisa berbahasa mandarin dengan lancar ?

    Comment by Chinese Language Lesson | January 21, 2008

  3. 你 好 ! 我 从小 的 时 候 学 话 语 、 我 妈 妈 教 我 。 现 在 我 二 十 岁 了 、 我 有 学 生 了 、 不 错 阿 ! 以 前 我 不 喜 欢 学 话 语 因 为 我 觉 得 学 话 语 最 难的 话 。 但 是 从 F4的 电 影 来 到 印 尼 、 我 就 喜 欢 说 话 语 。 后 来 我 找 一 位 中 国 老 师 教 我 学 话 语 、 我 也 还 问 问 我 妈 。 现 在 呢 、 我 会 说 话 了 、 哈 哈 哈 。 。 。 。 我 要 找 朋 友 会 用 话 语 对 我 说 话 、 但 是 真 的 很 难 。 很 难 见 到 人 人 会 用 话 语 说 话 阿 。请 新 朋 友 . . . ! 认 识 你 们 很 高 兴 。

    Comment by Henny | January 22, 2008

  4. 这 个 是 我 的 伊 妹 儿 : henny_687@yahoo.com
    欢 迎 光 临 ! !

    Comment by Henny | January 22, 2008

  5. 你好Henny🙂
    谢谢你来看我的部落格;-)
    认识你我也很高兴,我们可以当好的朋友。
    我觉得你好厉害,回自己学华语,你一定要继续学。我们可以互相帮助。:-)
    加油!!!

    Comment by mariskanara | January 22, 2008

  6. For Ivan…
    Thx my bro for visit my blog n’ also for your support, succees for u & Gbu !
    加油!!! ( Harus bisa baca, hehe😀 ngancam )

    Comment by mariskanara | January 22, 2008

  7. For Chinese Language Lesson
    Thx for visit my blog🙂
    Tips???? Apa ya???
    Sebenarnya kalo mo belajar bahasa asing, espc.Mandarin.
    Pendapat saya, modal utamanya cuma minat, kemauan dan keberanian.

    Minat : Setiap orang punya motivasi beda – beda untuk belajar bahasa asing, ada yang biar ngikut perkembangan bahwa bahasa asing itu perlu untuk nunjang karir, trus ada yang belajar karena keren nih bisa bahasa asing, dll.

    Kemauan : Berdasarkan pengalaman, orang yang motivasi macam – macam itu awalnya minat luar biasa, setelah ketemu susahnya, kayak harus hafal huruf Han…mulai deh seleksi alam terjadi hehe :-p Nah disini “kemauan” itu teruji😀

    Keberanian : Kalo uda punya minat dan kemauan, sekarang tinggal punya keberanian untuk mempraktekkan apa yang sudah dipelajari.

    Otreeee semoga bermanfaat ! 加油!!!

    Comment by mariskanara | January 22, 2008


Leave a Reply

