Mariska Nara

Experience and Daily Activity

Daya tangkap anak kecil luar biasa dalam belajar bahasa Mandarin

Ya…betul…seorang anak kecil memiliki daya tangkap yang luar biasa dalam belajar bahasa asing, khususnya bahasa Mandarin. Hal ini terbukti ama murid – murid kecilku yang manis :-)
Awalnya saya tidak pernah membayangkan akan membagikan pengetahuan saya kepada anak – anak kecil, gimana cara ngajarnya ya??? Hal itu yang selalu terbayang dalam pikiran saya… Ketika saya masih stay di Surabaya, saya lebih banyak berinteraksi dengan mahasiswa… seru juga… karena dalam kampus 我是老师 I’m a teacher, sedangkan di luar kampus kami adalah saudara, teman yang sering jalan bareng, makan… seru :-D
Ternyata Tuhan berkata lain…saya memutuskan untuk kembali ke kota Makassar, kota kelahiran :-) Bahasa Mandarin untuk Universitas belum terlalu populer, sehingga kampus yang setahu saya ada mata kuliah Mandarin hanya di Universitas Hasanuddin, sedangkan jarak kampus tersebut cukup jauh dari tempat tinggal saya. Berat di ongkos nih :-D
Iseng – iseng saya send via email CV untuk ngajar di sekolah Pelita Kasih-Makassar, ternyata respon mereka sangat cepat… saya dipanggil untuk wawancara, tes dan diminta untuk mengajar Bahasa Mandarin anak – anak SD. Oh my God, night mare….. saya tidak siap, bayangan saya adalah mengajar siswa SMP. Mereka bisa menjadi teman buat saya, diajak untuk ngobrol…tapi realita bahwa saya harus berhadapan dengan anak – anak kecil. Gimana cara ngajarnya??? Apa mereka sudah mampu untuk belajar bahasa Mandarin di usia 6 tahun????
Ternyata murid – murid kecil saya luar biasa…..mereka adalah kebanggaan saya. Mereka mampu untuk belajar bahasa Mandarin dengan cepat. Yang luar biasa adalah daya tangkap mereka sangat tinggi. Satu kata huruf Mandarin dikreasikan dengan gambar dan lagu, membuat mereka dengan mudah mengingat. Sedangkan saya sebagai laoshi juga tidak mau ketinggalan dalam berkreasi untuk setiap pertemuan di kelas. Awalnya cara saya sempat dikritik oleh beberapa guru dan orang tua, tapi saya pasrah saja…bukan pasrah diam, tapi menerima kritik dan saran, sambil berusaha mencari metode – metode pengajaran yang tepat. Thx God….kemajuan siswa – siswa kecil saya luar biasa… :-)
Biasanya kalo keluar main, saya iseng – iseng lewat tempat anak – anak bermain, mereka sering duduk – duduk sambil menyanyikan lagu Mandarin yang saya ajarkan ataupun rame – rame mengucapkan puisi Mandarin dengan gerakan yang juga saya ajarkan di kelas. Wah… sungguh indah… :-)
Yang lebih mengharukan buat saya adalah pada perayaan Natal sekolah 14 Desember 2008 mereka bisa menyanyikan lagu Santa Claus is Coming To Town versi Mandarin “圣诞老人 Shengdan Laoren” saya mengajarkan lagu tersebut hanya dalam waktu 3 hari. Hal yang luar biasa bagi saya… Selamat Natal sahabat – sahabat kecilku :-)
祝大家圣诞快乐 和 新年快乐
万事如意,身体健康
Merry Christmas and Happy New Year
December 22, 2007 - Posted by | bahasa Mandarin, Sekolah & siswaku | , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

